Saturday, January 18, 2014

Instalasi Windows 7 dari USB Flashdisk



Bro-sis sekalian... Semalam tribd sedikit direpotkan dengan proses instalasi Windows 7 pada laptop seorang teman. Seperti kebanyakan notebook, saat ini jarang ditemukan drive DVD pada notebook terutama untuk ukuran 13 inch kebawah. Jika anda membeli dengan range harga 3-5 juta, hampir dipastikan notebook tersebut juga tidak menyertakan external dvd drive. Hal ini bikin ribet mz bro, mau beli external dvd kok rasanya sayang banget, toh external dvd saat ini sangat jarang digunakan.
Cari-cari di internet, ada yang bilang instalasi bisa memakai USB flashdisk. Nah solusi yang pas ini. Ubek-ubek lebih lanjut, kok pake software pihak ketiga?? Entah kenapa klo pake bantuan software lain berasa tidak "clean". Googling lagi, sama aja. Weleh.. Nah akhirnya mencoba mem-parsing-pencarian menjadi "membuat USB flashdisk menjadi bootable", dan "instalasi Win 7 dari flashdisk bootable". Untuk bagian yang pertama ternyata ga ribet mz bro. Kita bisa membuat flashdisk bootable hanya bermodalkan windows 7 dari komputer lain menggunakan utiliti yang dinamakan diskpart. Untuk langkah selanjutnya malah lebih gampang lagi. Nah, disini tribd akan coba memaparkan langkah-langkah untuk melakukan instalasi Windows 7 secara lengkap dan akurat sesuai pengalaman saya.
  1. Membuat flashdisk bootable
  2. Pertama, siapkan flashdisk ukuran 4 GB keatas. Hal ini menjadi wajib karena rata-rata ukuran file instalasi windows dalam satu dvd di atas 2 GB. Tribd sendiri menggunakan flashdisk berukuran 8 GB. Selanjutnya siapkan DVD Windows 7, versi 32 bit atau 64 tidak masalah, tergantung preferensi masing-masing pengguna. Jika tidak ada DVD boleh menggunakan image ISO untuk selanjutnya menggunakan aplikasi pembaca ISO agar dapat mengakses semua filenya (misal PowerISO). Jika tidak memiliki aplikasi pembaca ISO, file image tersebut bisa diekstrak menggunakan 7-Zip ke suatu folder. Setelah semua siap, masukkan flashdisk ke porta USB dan buka utiliti diskpart menggunakan Command Prompt. Untuk melakukan langkah di bawah ini, pengguna harus menggunakan akun yang memiliki hak akses administrator.
    1. Buka aplikasi Command Prompt
    2. Ketik Start pada Windows lalu ketik cmd untuk mencari aplikasi Command Prompt. Selanjutnya tekan Enter.
    3. Buka utiliti diskpart di dalam Command Prompt
    4. Ketik perintah diskpart di dalam command prompt. Perintah ini kemudian akan membuka utiliti diskpart. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut:


    5. Buat flashdisk bootable
    6. Setelah utiliti diskpart terbuka, ketik perintah berikut secara berurutan:

      list disk
      select disk #
      clean
      create partition primary
      select partition 1
      active
      format fs=fat32 quick
      assign

      Tanda “#” di atas menandakan angka yang menandakan flashdisk berada. Angka ini didapat ketika pengguna mengetik perintah list disk. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat gambar berikut:Tanda “#” di atas menandakan angka yang menandakan flashdisk berada. Angka ini didapat ketika pengguna mengetik perintah list disk. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat gambar berikut:


  3. Copy file instalasi Windows 7 ke flashdisk
  4. Setelah selesai dengan flashdisk, langkah selanjutnya adalah meng-copy file instalasi Windows 7 ke flashdisk tersebut. Langkah ini sangat mudah, namun perlu diingat proses ini memakan waktu karena ukuran file instalasi yang tidak sedikit. That's it, we're done in this step...
  5. Instalasi Windows 7
  6. Langkah terakhir ini adalah langkah krusial. Bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan instalasi Windows mungkin akan merasa kesulitan pada bagian ini. Aturan utama pada langkah ini adalah men-set boot order flashdisk anda menjadi yang pertama. Untuk melakukan hal ini, setelah selesai memindahkan file instalasi Windows 7, restart komputer anda tanpa mencabut flashdisk tersebut. Ketika komputer pertama kali menyala, tekan F2 atau tombol Del (kedua tombol tersebut anda merupakan tombol yang umum, kemungkinan ada perbedaan untuk beberapa merk) untuk mengakses BIOS komputer tersebut. Pada layar BIOS cari menu untuk menentukan boot order. Pilih flashdisk anda sebagai boot yang pertama. Setelah itu simpan setting BIOS tersebut dan keluar. Komputer akan restart kembali dan kemudian akan memulai instalasi Windows 7.

Nah, 3 langkah itu aja yang diperlukan untuk melakukan instalasi Windows 7 melalui flashdisk. Mudah kan? Monggo komennya..

~ tribd ~

No comments:

Post a Comment